Selasa, 21 Februari 2012

JUDUL PENELITIAN BAHASA BERBASIS TIK



PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PIDATO SISWA SMA KELAS XI

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang mengalami perubahan sangat cepat, sesuai dengan sifatnya yang dinamis dan tentatis. Pendidikan ialah usaha sadar dan bertujuan untuk mengembangkan manusia. Sebagai salah satu kegiatan yang sadar akan tujuan, maka pelaksanaannya berada dalam satu proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang pendidikan, begitu pula dengan perkembangannya. Perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan berkaitan dengan perkembangan kurikulum, silabus, media pembelajaran, dan teknik pengajaran guru di kelas.
Perkembangan tersebut berdampak pula terhadap pendidikan dan pengajaran bahasa Indonesia. Perkembangan itu memacu kreativitas guru dalam merancang media pengajaran yang baik. Tujuannya agar siswa memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar untuk digunakan sebagai bekal sarana komunikasi dalam kehidupan, maupun sebagai sarana untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan dalam mengembangkan peradabannya. Bahasa juga memiliki peran sentral sebagai pengembang intelektual, sosial, dan emosi siswa yang merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran yaitu video sebagai media audiovisual yang dapat menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima melalui indera penglihatan dan pendengaran. Penggunaan media audiovisual diharapkan dapat menarik perhatian siswa, sebab penggunaan media ini tidak hanya menekankan pada kata-kata atau ucapan dari guru saja. Dengan media ini siswa dapat belajar melalui pengalaman-pengalaman yang nyata pada tampilan gambar-gambar yang bergerak dan dapat didengar.
Dengan adanya penggunaan media audiovisual ini, diharapkan dapat menambah kemampuan siswa dalam menulis naskah pidato. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, maka guru perlu memilih strategi dan media pembelajaran yang sesuai dan menyenangkan. Dengan demikian pelajaran menulis pidato yang awalnya sulit, dapat menjadi lebih mudah dilaksanakan.
Sehubungan dengan hal tersebut, diperlukan suatu usaha penelitian eksperimen untuk melihat lebih jauh pengaruh penggunaan media audiovisual dalam proses pembelajaran terhadap kemampuan menulis pidato siswa kelas XI SMA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar