PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS
PIDATO SISWA SMA KELAS XI
Pendidikan merupakan salah
satu aspek yang mengalami perubahan sangat cepat, sesuai dengan sifatnya yang
dinamis dan tentatis. Pendidikan ialah usaha sadar dan bertujuan untuk
mengembangkan manusia. Sebagai salah satu kegiatan yang sadar akan tujuan, maka
pelaksanaannya berada dalam satu proses yang berkesinambungan dalam setiap
jenis dan jenjang pendidikan, begitu pula dengan perkembangannya. Perkembangan
yang terjadi dalam dunia pendidikan berkaitan dengan perkembangan kurikulum,
silabus, media pembelajaran, dan teknik pengajaran guru di kelas.
Perkembangan tersebut
berdampak pula terhadap pendidikan dan pengajaran bahasa Indonesia.
Perkembangan itu memacu kreativitas guru dalam merancang media pengajaran yang
baik. Tujuannya agar siswa memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan
benar untuk digunakan sebagai bekal sarana komunikasi dalam kehidupan, maupun
sebagai sarana untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan dalam mengembangkan
peradabannya. Bahasa juga memiliki peran sentral sebagai pengembang
intelektual, sosial, dan emosi siswa
yang merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
Salah satu media yang dapat
digunakan dalam pembelajaran yaitu video sebagai media audiovisual yang dapat
menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima melalui indera penglihatan dan
pendengaran. Penggunaan media audiovisual diharapkan dapat menarik perhatian
siswa, sebab penggunaan media ini tidak hanya menekankan pada kata-kata atau
ucapan dari guru saja. Dengan media ini siswa dapat belajar melalui
pengalaman-pengalaman yang nyata pada tampilan gambar-gambar yang bergerak dan
dapat didengar.
Dengan
adanya penggunaan media audiovisual ini, diharapkan dapat menambah kemampuan
siswa dalam menulis naskah pidato.
Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, maka guru perlu memilih strategi dan
media pembelajaran yang sesuai dan menyenangkan. Dengan demikian pelajaran
menulis pidato
yang awalnya sulit, dapat menjadi lebih mudah dilaksanakan.
Sehubungan
dengan hal tersebut, diperlukan suatu usaha penelitian eksperimen untuk melihat
lebih jauh pengaruh penggunaan media audiovisual dalam proses pembelajaran
terhadap kemampuan menulis pidato siswa
kelas XI SMA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar